Negeri Ads

Minggu, 01 November 2009

Terapi Menulis

Munulislah. Dalam kondisi apa saja. Menulislah, karena menulis itu adalah ekspresi. Menulislah, karena menulis itu mencairkan kebuntuan. Menulislah, karena menulis itu mengungkapkan. Mengungkapkan pendapat. Mengutarakan keinginan, mengungkapkan uneg-uneg. Mengeluarkan perasaan. Menyalurkan kemarahan, menyampaikan berita gembira, juga kesedihan.
Pokoknya jangan pernah berhenti menulis. Saat sumpeg.. menulislah. Saat gawok menulis tentang apa yang digawoki. Saat ketakutan.. menulis tentang apa ketakutan itu, bagaimana ketakutan itu terjadi, dan apa yang ditakutkan. Jadi dengan menulis, maka pikiran beraktivitas. Bibir kadang berkomat-kamit, dan tangan atau jari jemari terus bergerak menuruti perintah otak dan hati. Dan, tentu saja menulis adalah solusi.
Menulis beayanya sangat murah. Asal masih bisa berpikir dan tangan bisa digerakkan untuk menulis sudah cukup untuk menulis. Ya.. sudah cukup untuk menulis apa saja. Sayartnya satu, ada kemauan. Dan jika sudah menjadi habit (kebiasaan) menulis adalah obat. Menulis adalah terapi. Menulis adalah hiburan. Menulis adalah menyalurkan hobi. Menulis adalah solusi.
Menulis itu bisa dilakukan siapa saja. Kapan saja, di mana saja. Bagi seorang yang hobi mancing misalnya, menulislah, mengapa memancing, apa nikmatnya memancing, di mana memancing, dengan siapa saja memancing, ikan apa yang paling jadi favorit, di mana harus beli alat pancing, berapa jam yang dihabiskan untuk sekali memancing, dan seterusnya-dan seterungnya, pokoknya menulis.
Juga bagi pengangguran, menulislah, mengapa menganggur, menganggur karena hobi atau karena secara struktural "dipaksa" oleh keadaan untuk menganggus, dan seterusnya dan seterusnya. Bagi yang sedang dilanda stres akut, misalnya, cobalah menulis. Tuliskan apa saja yang hendak ditulis. Sejak kapan mulai stres, apa yang menyebabkan stres, sudah kemana saja mencari solusi atasi stres, apa yang biasanya dilakukan ketika stres tiba-yiba menekan, dan seterusnya-dan seterusnya.. insyaallah stres akan lenyap tersalur ke dalam tulisan. Dan yang lebih penting, dengan tulisan itu Anda punya pengalaman, punya dokumen, serta bisa menuangkan apa saja yang selama ini terpendam di otak dan hati..
Bagaimana.. kapan mulai menulis.. jangan segan-segan datang ke bengkelstres.blogspot.com (kung parikesit-parikesit 2008@gmail.com atau isa_surya@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar